Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

6 Tips Bisnis di Bulan Puasa

Tips Bisnis di Bulan Puasa. Apa ide bisnis ramadhan, juga tips bisnis di bulan puasa dan pandemi yang dapat kamu terapkan? Simak artikel kali ini ya jangan lupa siapkan cemilan dan kopinya hehe.

Ramadhan akan telah tiba. Bulan penuh keberkahan ini seringkali menjadi peluang sebagian orang untuk mengais rezeki.

Bahkan beberapa perusahaan tidak segan-segan beralih produk di saat bulan ramadhan.

Berbeda dengan ramadhan tahun sebelumnya, ramadhan tahun ini dibarengi dengan pandemi penyakit yang membatasi gerak dan sentuhan fisik.

Namun begitu, bukan berarti ide bisnis bulan ramadhan mentok begitu saja.

Ramadhan dan pandemi seakan-akan menjadi tantangan tersendiri bagi para pelaku usaha atau orang yang berjualan secara seasonal hanya di bulan ramadhan.

Misalnya saja kemungkinan orang untuk enggan membeli makanan dari luar dan lebih memilih untuk membuat makanan sendiri.

Selain itu karena pembatasan pergerakan dan tidak keluar rumah, orang-orang juga enggan untuk membeli produk pakai misalnya baju atau celana.

Tips Bisnis di Bulan Puasa

Tips Bisnis di Bulan Puasa


1. Jual Kebutuhan Pokok

Menurut riset Kantar World Planner, bahwa di bulan ramadhan dan di tengah masa pandemi produk kebutuhan pokok masih tetap menjadi target favorit konsumen.

Terlebih produk pertanian dan peternakan seperti sayur-sayuran, buah-buahan, susu, daging, dan telur.

Selain itu makanan kemasan siap makan dan bumbu dapur seperti sardines, kornet, bumbu cepat saji, dan bumbu kunci juga tidak menurun trennya.

Bagaimana menjualnya? Kamu dapat menjual produk-produk tersebut melalui online marketplace bahan-bahan pokok atau online marketplace pada umumnya.

Kamu juga dapat memanfaatkan media sosial atau seller group untuk memasarkan produk kebutuhan pokok.

Jualan kebutuhan pokok adalah ide bisnis ramadhan, juga tips bisnis di bulan puasa dan pandemi untuk kamu coba.

2. Pandai Melihat dan Mengambil Peluang Usaha atau Bisnis

Tips Bisnis di Bulan Puasa. Kamu harus teliti dalam melihat kesempatan dan memanfaatkannya. Beberapa usaha tertentu menjadi sangat potensial saat Ramadhan, sehingga dapat memberikan keuntungan bagi pebisnis pemula.

Contohnya, usaha kuliner di mana banyak orang membutuhkan makanan dan minuman untuk sahur dan berbuka puasa. Atau, usaha busana muslim di mana banyak orang akan membeli pakaian muslim untuk beribadah dan merayakan Lebaran.

Ketika jumlah permintaan meningkat, kamu punya kesempatan untuk bersaing dengan pemilik usaha lain. Jadi, kamu harus cermat dengan memulai usaha yang sudah jelas memiliki potensi.

3. Pilihlah Bisnis yang Dapat untuk Jangka Panjang

Jika kamu serius memiliki niat untuk terus menjadikan bisnis sebagai mata pencaharian utama, maka mulailah bisnis yang bisa dikembangkan untuk jangka panjang.

Misalnya, kamu ingin berbisnis kuliner. Jika kamu membuka stand jajanan buka puasa di pinggir jalan, maka bisnis tersebut hanyalah bisnis musiman dan hanya bertahan selama sebulan. Untuk itu, cari ide bisnis kuliner yang bisa berkembang.

Contohnya, usaha katering rumahan. Di mana saat Ramadhan, kamu menyediakan menu buka puasa dan sahur. Namun, setelah Ramadhan berakhir, kamu juga bisa mengembangkan katering untuk acara kantor, resepsi pernikahan, dan sebagainya.

4. Buatlah Target dan Rencana yang Jelas

Tips Bisnis di Bulan Puasa. Apapun jenis usaha yang dijalankan, buatlah rencana dengan matang. Tentukan pula target yang ingin dicapai, agar bisnis bisa berjalan dengan terarah.

Jika kamu menjalankan bisnis offline, maka cari tempat usaha yang strategis, tentukan waktu operasional usaha, dan buat strategi pemasaran dan promosi yang tepat. kamu perlu memikirkan semuanya, meskipun bisnis selama Ramadhan hanya sebagai usaha sampingan.

Apalagi jika bisnis di bulan puasa tersebut akan dikembangkan lebih lanjut setelah itu, maka rencana bisnis haruslah jelas. Sebab kamu sedang merencanakan masa depan, jadi ini bukan hal yang cuma untuk coba-coba tanpa persiapan.

5. Pisahkan Uang Usaha dan Uang Pribadi

Sekalipun kamu menjalankan bisnis kecil-kecilan atau bisnis rumahan, kamu perlu memisahkan uang pribadi dan modal usaha. Jangan mencampurnya dalam satu rekening bank.

Sebab hal ini akan memudahkan kamu untuk mengamati arus kas dan mencatat pemasukan maupun pengeluaran usaha, serta merencanakan keuangan bisnis ke depannya.

Bahkan meskipun hanya uang kecil, jangan dianggap remeh. Jika kamu ngga teliti, salah-salah malah uang tabungan pribadi yang habis. Untuk itu, siapkan dua rekening berbeda untuk bisnis dan juga pribadi.

6. Tetap Berusaha dan Jangan Lupa Berdoa

Tips Bisnis di Bulan Puasa. Bulan Puasa atau Bulan Ramadhan adalah bulan yang penuh berkah di dalamnya. Dan juga bulan penuh ampunan dan ketika kamu berdoa pada Bulan Ramadhan sangatlah ampuh karena Bulan tersebut merupakan bulan yang suci.

Nah tips bisnis di bulan puasa atau di Bulan Ramadhan dari aku yaitu teruslah untuk berusaha tetapi jangan sekali kali melupakan doa. Apalagi berdoa di bulan puasa yang penuh dengan keberkahan.

Apabila kamu berusaha memulai bisnis di bulan puasa kemudian disertai dengan berdoa maka bisnis kamu akan berkah dan sukses.

Mungkin itulah beberapa Tips Bisnis di Bulan Puasa. Semoga bisnis kamu di bulan puasa dan di bulan bulan lainnya diberi kelancaran dan kesuksesan yah.

Post a Comment for "6 Tips Bisnis di Bulan Puasa"