Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

20 Bisnis Franchise Modal Kecil Murah dan Terlaris

Bisnis Franchise Modal Kecil Murah dan Terlaris. Bisnis waralaba, atau franchise, adalah bisnis yang memiliki sistem penjualan sesuatu yang menggunakan merek orang lain. Dikarenakan orang tidak membutuhkan banyak modal dalam branding untuk membuat franchise karena mereka sudah memiliki nama dalam bentuk merek orang lain.

Harus baca: Bisnis Online untuk Ibu Rumah Tangga

Pengertian Bisnis Franchise

Secara umum bisnis franchise adalah cara memperluas pendistribusian produk atau jasa dengan lisensi dagang, seperti merk, logo, sistem bisnis hingga perlengkapan.

Misalkan kamu ingin memulai sebuah bisnis franchise, maka kamu harus membayar royalti kepada pemilik franchise. Dengan demikian, kamu juga akan mendapatkan hak penuh serta dukungan dari pemilik utama dalam menjalankan bisnis tersebut.

Sedangkan menurut PEMENDAG aturan mengenai Waralaba, franchise yaitu hak khusus yang dimiliki oleh perseorangan atau badan usaha terhadap sistem bisnis dengan ciri khas usaha dalam rangka memasarkan jasa dan produk yang telah terbukti berhasil dan bisa digunakan oleh pihak lain berdasarkan perjanjian waralaba.

Dengan kata lain, bisnis franchise merupakan sebuah kerjasama seperti buka cabang baru, namun status kepemilikannya oleh orang lain dengan perjanjian yang telah disetujui antara kedua belah pihak.

Dengan demikian, kamu akan mendapatkan keuntungan franchise berupa hak penuh atas sistem brand tersebut.

Perkembangan bisnis franchise di Indonesia

Pertumbuhan bisnis franchise di Indonesia mengalami peningkatan dan memberikan banyak profit pada para pengusaha kecil.

Bahkan seperti yang dilansir oleh CNBC Indonesia, usaha bidang kuliner meningkat sekitar 50-55% dan diikuti oleh sektor pendidikan dan jasa & retail pada tahun 2019.

Hal yang sama juga diutarakan oleh Ketua Umum Asosiasi Franchise Indonesia, Andrew Nugroho, dalam Bisnis.com. Ia mengatakan bahwa perkembangan bisnis franchise pada bidang kuliner ditargetkan akan tumbuh hingga 10%.

Hal tersebut menunjukkan hal yang baik akan perkembangan usaha jenis ini di bidang kuliner karena masih banyak para pelaku usaha yang melangsungkan usahanya.

Belum lagi adanya data dari BKPM pada tahun 2019 yang turut mendukung perkiraan perkembangan usaha waralaba pada tahun 2020 nanti.

Data tersebut mengungkapkan bahwa melakukan investasi pada bidang usaha kuliner, pada periode Januari hingga Juni 2019 telah mendapatkan peringkat keempat dari keseluruhan sektor dengan nilai sejumlah Rp21,26 triliun di realisasi Penanaman Modal Dalam Negeri (PMDN) serta PMA yang menduduki peringkat keenam dengan jumlah nilai realisasi US$706,7 juta pada tahun 2019.

Tips Bisnis Franchise sukses dengan modal kecil

Sudah barang pasti bahwa mendirikan sebuah bisnis franchise di tahun 2020 adalah sebuah angin segar untuk mendapatkan profit yang banyak. Kamu bisa mempertimbangkan membangun sebuah bisnis franchise sebagai tempat mendapatkan keuntungan berlimpah.

Namun, ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan saat merencanakan sebuah usaha agar bisa sukses bahkan dengan modal yang kecil. berikut adalah beberapa tips yang bisa kamu ikuti:

1. Gunakan merek dagang franchise dalam negeri

Ada banyak peluang bisnis dari dalam negeri dengan ragam merek dagang franchise yang bisa kamu pilih saat memulai bisnis ini. Tentunya, kamu tidak usah mengeluarkan banyak biaya untuk membuat bisnis dengan menggunakan merek dagang dalam negeri.

Bila dibandingkan dengan merek dagang luar negeri, kamu perlu mengeluarkan biaya yang besar. Belum lagi ada tantangan produk luar negeri yang belum memiliki nama dan popularitas di Indonesia yang harus diatasi.

Selain itu, ada banyak merek dagang dalam negeri yang memiliki popularitas tersendiri daripada merek luar negeri yang belum tentu banyak disukai orang-orang Indonesia.

Hal ini perlu kamu pertimbangkan agar kamu bisa mendapatkan banyak pelanggan dan meraup banyak keuntungan nantinya.

2. Gunakan bisnis franchise yang populer di pasaran

Seperti yang disebutkan di atas, penentuan merek dagang adalah hal yang penting untuk diperhatikan. Kamu harus melakukan penelitian kecil-kecilan untuk mencari sebuah merek dagang yang memiliki banyak pelanggan.

Peran sebuah bisnis franchise hanyalah berfokus pada penjualan sementara pemilihan target pasar yang tepat dengan produk yang dibuat adalah tugas dari pusat penjual franchise. Meskipun demikian, kamu harus pandai untuk melihat peluang di sekitar tempat kamu menjual agar mendapatkan pelanggan yang sesuai.

3. Cek apakah merek dagang franchise sudah resmi terdaftar

Kamu juga harus mengecek apakah merek dagang yang kamu pilih sudah terdaftar atau belum. Hal ini bertujuan untuk mengecek kredibilitas dari perusahaan tersebut agar apabila terjadi apa-apa di masa yang akan datang, kamu bisa mengkomunikasikannya dengan pemilik merek dagang tersebut.

Untuk mengetahui hal tersebut, kamu bisa mengakses informasinya di situs Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual – https://pdki-indonesia.dgip.go.id/. Pilih opsi “Merek”, lalu ketik nama merek franchise untuk melakukan pengecekan.

Bisnis Franchise Modal Kecil Murah dan Terlaris

Bisnis Franchise Modal Kecil Murah dan Terlaris


Berikut ini adalah Bisnis Franchise Modal Kecil Murah dan Terlaris antara lain sebagai berikut.

1. Bisnis Franchise Crepes

Crepes adalah kue dari tepung terigu yang biasanya diberi toping asin atau manis. Kue ini teksturnya renyah dan berbentuk kering tipis. Ternyata, rasa lezat dari kue crepes itu membuat banyak orang tertarik untuk membuatnya dan kemudian dijual.

Adapun beberapa merek atau penjual crepes yang sudah cukup terkenal yaitu D’Crepes. Membuka bisnis waralaba bersama D’Crepes pasti akan menghasilkan omzet besar meskipun hanya membutuhkan modal yang sedikit yaitu Rp 7.500.000 saja.

2. Bisnis Franchise Jamur Crispy

Jamur merupakan salah satu bahan masakan yang mempunyai banyak jenis dan bisa diolah menjadi berbagai macam masakan. Oleh karena itu ada banyak orang yang mengolah jamur menjadi makanan lezat dan kemudian dijual sehingga menghasilkan cuan.

Salah satu penjual olahan jamur adalah Jamur Crispy Mister R. Usaha ini juga menjual bisnis waralaba dengan harga mulai dari Rp 6.000.000.

3. Tahu

Tidak hanya bisa digoreng tetapi tahu juga bisa diolah menjadi berbagai olahan lezat lainnya seperti tahu gejrot, tahu krispi, dan masih banyak lagi. Saat ini terdapat banyak sekali penjual dengan berbagai olahan seperti Tahu Gila dan Tahu Go.

Untuk bisa membuka bisnis waralaba bersama Tahu Gila dan Tahu Go kamu perlu mengeluarkan biaya mulai dari Rp 5.000.000 sampai Rp 18.500.000.

4. Kebab

Kebab merupakan salah satu makanan asal Timur Tengah yang juga banyak digemari masyarakat Indonesia. Di Indonesia sendiri sudah terdapat banyak merek atau penjual kebab seperti Kebab Baba Rafi, Kebab Ali Baba, Kebab Corner, dan masih banyak lagi.

Untuk bisa membuka bisnis waralaba kebab, kamu harus mengeluarkan biaya mulai dari Rp 3.000.000 hingga ratusan juta tergantung perusahaannya.

5. Kopi

Di Indonesia terdapat banyak sekali pecinta kopi. Saat ini pula minuman kopi sedang naik daun sehingga ada banyak sekali merek kopi kekinian yang lahir dan mempunyai cabang di berbagai daerah.

Ternyata untuk membuka bisnis waralaba kopi kekinian tidak perlu membutuhkan modal yang sangat besar yaitu mulai dari Rp 3.800.000 sampai Rp 95.000.000. Dikarenakan mempunyai banyak peminat menjadikan bisnis waralaba kopi mampu menghasilkan omzet yang sangat besar yaitu mulai dari Rp 10.000.000 per bulan hingga Rp 250.000.000 per bulan.

Beberapa merek waralaba kopi yang populer dan bagus adalah Bhumi Coffee, Forestree Coffee, Pesona Coffee, Co.Choc, Kopi Yor, Cetroo Coffee, dan masih banyak lagi.

6. Seblak

Seblak adalah salah satu makanan asal Bandung yang sedang naik daun karena rasanya enak dan lezat. Tidak heran pula jika seblak ini dijadikan sebagai ladang bisnis. Salah satu penjual seblak yang terkenal adalah Seblak Kang Dana.

Untuk bisa membuka bisnis waralaba Seblak Kang Dana kamu hanya perlu mengeluarkan modal sebesar Rp 5.500.000 saja dengan omzet yang pasti besar.

7. Ayam Tepung Goreng

Di Indonesia banyak ditemui penjual ayam tepung goreng atau fried chicken. Meskipun sajiannya sama tetapi rasa yang dihasilkan dari sejumlah penjual ayam tepung goreng akan berbeda. Cita rasa yang khas tersebut juga bisa menjadi ciri khas tersendiri dari sang penjual atau merek. Maka dari itu ada banyak orang yang mempunyai andalan sendiri mengenai rasa ayam tepung goreng.

Adapun beberapa contoh bisnis waralaba ayam tepung goreng yaitu Labaik Chicken, Sabana, Kuku Kriuk, Hisana Cryspiku, D’besto, dan masih banyak lagi.

Untuk membuka bisnis ini masing-masing brand mempunyai modal usaha yang berbeda mulai dari Rp 3.000.000 sampai Rp 15.000.000. Dengan modal yang tidak terlalu besar tersebut, pelaku bisnis waralaba bisa menghasilkan omzet mulai dari Rp 10.000.000 hingga Rp 110.000.000 per bulan.

8. Bubble Drink

Sampai saat ini minuman bubble drink masih menjadi primadona sehingga tak aneh pula jika ada banyak orang yang berbondong-bondong membuka bisnis waralaba ini. Bubble drink sendiri merupakan minuman yang mempunyai banyak rasa seperti teh, kopi, cokelat, dan masih banyak lagi dengan butiran tapioka atau boba di dalamnya. Beberapa merek waralaba bubble drink yang populer dan terbaik adalah Cha Time, Lup lup Bubble Milk Tea, Nyot Nyot Thai Tea, Fat Boba Drink, Dum Thai Tea, Mobo Thai Tea, dan masih banyak lagi.

Untuk membuka bisnis ini kamu tidak perlu mengeluarkan modal yang sangat besar. Biayanya mulai dari Rp 500.000 hingga Rp 3.500.000 saja. Dikarenakan banyak diminati maka untuk omzet bisnis waralaba ini juga cukup besar yaitu mulai dari Rp 3.000.000 per hari hingga Rp 120.000.000 per bulan.

9. Donat

Donat adalah roti yang terbuat dari tepung terigu dan mempunyai lubang di tengahnya. Di Indonesia sendiri, donat bisa dengan mudahnya ditemui. Terdapat beberapa merek atau penjual donat yang populer.

Untuk bisa membuka bisnis waralaba donat kamu harus mengeluarkan modal mulai dari Rp 5.000.000 sampai Rp 80.000.000.

10. Es Cappuccino Cincau

Es cappuccino cincau atau capcin adalah salah satu minuman menyegarkan yang terbuat dari es cappuccino dan cincau. Sudah ada banyak sekali penjual minuman ini salah satunya cappucinocincau.org yang juga menjual paket kemitraan atau waralaba.

Untuk membuka waralaba bersama merek tersebut kamu harus mengeluarkan modal sebesar Rp 2.000.000 hingga Rp 5.000.000 saja.

11. Es Cendol atau Dawet

Es cendol atau dawet adalah salah satu minuman asli Indonesia yang saat ini sedang naik daun. Bisa dikatakan minuman ini masuk dalam minuman tradisional khas pulau Jawa. Namun akhir-akhir ini terdapat banyak orang yang berinovasi untuk membuat es cendol yang kekinian. Salah satu usaha tersebut adalah Radja Cendol.

Untuk memulai bisnis waralaba tersebut kamu harus mengeluarkan modal mulai dari Rp 2.000.000 sampai Rp 3.000.000 saja.

12. Es Juice

Es Juice merupakan minuman sehat yang digemari banyak orang dan cocok untuk semua kalangan. Untuk membuatnya pun sangat gampang termasuk membangun bisnis waralabanya. Hanya butuh modal awal sebesar Rp 5.000.000 saja kamu sudah bisa membuka bisnis waralaba es juice lho.

13. Es Sari Tebu

Sama seperti es cendol, es sari tebu juga merupakan salah satu minuman tradisional Indonesia dengan banyak penggemar karena mempunyai rasa yang segar dan manis. Saat ini sudah ada beberapa orang yang menjadikan es sari tebu sebagai bisnis waralaba dan hal tersebut cukup menguntungkan.

14. Hotdog dan Burger

Hotdog dan burger merupakan makanan barat yang terkenal di Indonesia dan mempunyai banyak peminat. Oleh karena itu ada banyak orang yang berlomba-lomba untuk membuka bisnis ini. Hanya dengan modal mulai dari Rp 3.500.000 sampai Rp 5.500.000 kamu sudah bisa membuka usaha waralaba hotdog dan burger.

15. Jagung Susu Keju

Jagung susu keju adalah salah satu makanan atau camilan yang berbahan dasar jagung. Makanan ini bisa dengan mudahnya dijumpai di sekitaran sekolah. Untuk memulai bisnis waralaba jagung susu keju kamu hanya perlu mengeluarkan biaya modal sebesar Rp 2.700.000 saja dengan memakai booth yang diberikan oleh perusahaan.

16. Martabak Mini

Martabak mini adalah salah satu makanan lezat yang banyak digemari masyarakat Indonesia. salah satu merek atau penjual martabak mini adalah Martabak Mini Rainbow.

Untuk membuka bisnis waralaba bersama Martabak Mini Rainbow kamu hanya perlu mengeluarkan modal awal sebesar Rp 5.700.000.

17. Siomay

Siomay adalah salah satu makanan favorit masyarakat Indonesia. Oleh karena itu terdapat banyak pelaku bisnis yang membuat usaha waralaba untuk makanan ini. Salah satu usaha waralaba siomay yang pemain terkenal adalah Siomay Youlagi.

Untuk bisa membuka bisnis waralaba bersama Siomay Youlagi, kamu hanya perlu mengeluarkan modal awal sebesar Rp 1.000.000 sampai Rp 6.000.000 saja. Dengan modal awal tersebut kamu akan menghasilkan omzet yang besar.

18. Sosis Bakar

Sosis bakar merupakan salah satu makanan favorit yang terbuat dari daging dan kemudian dibakar. Sosis bakar ini bisa dijadikan sebagai camilan lezat yang cocok untuk anak-anak sampai orang dewasa.

Selain cocok sebagai camilan lezat, sosis bakar juga cocok untuk dijadikan usaha waralaba. Terdapat salah satu usaha yang menawarkan bisnis waralaba dengan modal awal hanya Rp 5.600.000 saja yaitu Kingkong Sosis.

19. Takoyaki

Tidak hanya makanan Indonesia saja yang populer untuk dijadikan sebagai bisnis waralaba tetapi ada juga makanan asal Jepang yaitu takoyaki. Takoyaki ini ternyata banyak disukai masyarakat Indonesia karena rasanya yang enak. Adapun beberapa merek atau penjual takoyaki yaitu Takoyaki Yakienak, Koki Takoyaki, Mister Tako, dan masih banyak lagi.

Untuk membuka bisnis waralaba takoyaki, kamu hanya perlu mengeluarkan modal awal sebesar Rp 2.000.000 hingga Rp 20.000.000 saja.

20. Teh

Selain kopi, teh juga merupakan minuman populer di Indonesia. Oleh karena itu terdapat banyak orang yang berlomba-lomba untuk membuka bisnis teh. Salah satu bisnis teh yang sudah terkenal dan mempunyai outlet besar adalah Teh Tongji.

Untuk membuka bisnis waralaba bersama Teh Tongji, kamu hanya perlu mengeluarkan modal awal sebesar Rp 3.000.000 sampai Rp 6.000.000 saja.

Kelemahan dan Keuntungan Franchise

Meskipun terlihat sebagai bisnis franchise adalah hal yang menguntungkan, namun usaha ini juga memiliki beberapa kelemahan. Berikut kelemahan dan keuntungan franchise.

Keuntungan Franchise

  • Sudah terdapat panduan bisnis yang tinggal diikuti sehingga keuntungan franchise bisa didapat lebih cepat.

  • Umumnya, merek pada bisnis franchise adalah brand yang sudah banyak dikenal masyarakat. Dengan begitu, kamu tidak perlu memikirkan marketing yang berat.

  • Kamu akan mendapatkan pelatihan dan dukungan bisnis dari franchisor, mulai dari aspek terkecil perusahaan.

  • Kamu tidak perlu memikirkan supplier, karena semua sudah disediakan oleh franchisor.

  • Pihak pemilik brand akan melakukan riset terhadap lokasi dan situasi sehingga kamu akan mendapatkan tempat bisnis terbaik berdasarkan survey mereka.

  • Memiliki margin profit yang tinggi. dalam kesepakatan pembelian bisnis franchise, biasanya franchisor akan menjamin omset yang bisa kamu dapatkan di setiap bulan.

  • Kemungkinan resiko gagal kecil. Bisnis franchise adalah usaha yang terbukti dan teruji sehingga resiko untuk gagal tidak begitu besar. Namun, semua itu kembali lagi bergantung pada bagaimana kamu menjalankan bisnis tersebut.

Kelemahan Franchise

  • Franchisor memiliki kendali penuh terhadap sistem operasional bisnis kamu, akan sedikit sulit untuk melakukan inovasi baru tanpa adanya persetujuan.

  • Bisnis kamu hanya akan memiliki satu supplier.

  • Bisnis Franchise adalah usaha yang terikat oleh satu brand, sehingga reputasi bisnis akan saling mempengaruhi antar gerai.

  • Kamu harus mengeluarkan banyak biaya sekaligus sebagai modal awal dan royalti di setiap bulannya.

  • Terkadang, ada beberapa perusahaan franchise yang mengambil beberapa persen dari pendapatan ritel yang mereka miliki.

Sekian informasi mengenai Bisnis Franchise Modal Kecil Murah dan Terlaris. Semoga membantu dan bermanfaat untuk kita semua. Jadi, apakah kamu tertarik dengan bisnis ini?

Post a Comment for "20 Bisnis Franchise Modal Kecil Murah dan Terlaris"