Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Cuan dari Investasi Properti

Cara Cuan dari Investasi Properti. Properti merupakan salah satu diantara instrumen investasi yang cukup menjanjikan sebab dapat menawarkan keuntungan yang lumayan tinggi. Pertumbuhan jumlah penduduk dan keluarga baru menjadikan faktor utama yang menjadi sebab banyaknya orang terjun ke bisnis properti.

Cara Cuan dari Investasi Properti

Cara Cuan dari Investasi Properti


Baca juga: Pengertian Bisnis Internasional, Strategi, Contoh, Lengkap

Meskipun akan terlihat lebih menarik, sektor properti pastinya akan memiliki resiko semacam bisnis dan instrumen investasi lainya.

Menurut Alvin Kurniawan Corporate Marketing & Agent Relation Departement Head Astra Property, Investasi properti juga memiliki sebuah ciri khas loh, yaitu tidak likuid, akan tetapi di sisi yang berbeda sangat likuid.

Supaya investasi properti menjadi likuid, maka diperlukan sebuah momen yang tepat dalam berinvestasi properti, sehingga akan bisa naik dengan cepat.

“Banyak orang yang beranggapan bahwa investasi properti sangat banyak mengeluarkan modal yang besar. Tetapi, awalnya untuk membeli properti ini pun bisa menggunakan DP yang rendah loh, yaitu mulai dari 0-10 persen, dan dapat juga dicicil menggunakan bank. “Menurutnya dalam Webinar Investasi Cerdas untuk Masa Depan yang diselenggarakan Astra Property, Sabtu (6/11/2021).

Beliau memaparkan tentang investasi properti yang memiliki bermacam-macam kelebihan, yang pertama yaitu jika properti akan disewakan maka bisa mendapatkan yield.

Kemudian yang kedua harga dari properti memanglah cukup besar, namun kamu juga bisa menggunakan modal awal kecil untuk membayar. Selain itu, Maka mungkin bisa disewakan terlebih dahulu sehingga untuk pembayaran sewanya dapat digunakan untuk membayar cicilan. Sambil menunggu pembayaran properti tersebut lunas.

“Menurutnya, Modalnya sangat terbatas, sehingga sambil menyicil bisa untuk disewakan lagi. Apabila sudah lunas, maka bisa untuk dijaminkan dan uangnya juga bisa diinvestasikan kembali.

Kemudian yang ketiga, apabila propertinya sudah dilunasi maka kemudian bisa dijaminkan kembali kepada perbankan agar memperoleh uang yang dapat digunakan sebagai berinvestasi kembali nantinya.

Hal yang cukup menarik didalam berinvestasi properti yaitu fisik properti berwujud sangat jelas dan akan sulit jika dicuri. Selain itu, harga properti bisa naik apabila pembelian dapat dilakukan dengan timing atau waktu yang tepat.

“Harga properti akan naik nantinya, tetapi untuk bisa membelinya harus dengan cara yang benar. Jadi membeli properti harus dengan tepat dan tidak melulu tentang cuan. Contohnya kamu melihat ada prospek lokasi, maka kamu harus bisa untuk memiliki properti yang lumayan baik, karena setiap proyek dan unit mempunyai karakteristik kelebihannya masing-masing.” Ungkapnya.

Menurut beliau, dalam berinvestasi properti itu harus melihat perkembangan kawasan internalnya, misalnya kawasan besar mixed-use harus melihat apakah terdapat area komersial yang ada di dalam kawasan tersebut atau tidak.

Disamping itu, kamu perlu juga untuk melihat fasilitas apa saja sih yang terdapat di dekat lokasi tersebut. “Yang lebih penting dilihat juga infrastruktur yang ada dan juga proyek infrastruktur yang nantinya akan datang. Apakah di kawasan tersebut termasuk dalam akses transportasi seperti MRT atau seperti LRT,” Jelasnya.

Beliau juga menjelaskan, supaya memperoleh profit dalam berinvestasi properti maka perlu untuk membeli properti disaat masih inden. Hal tersebut agar memungkinkan tercapainya capital gain.

“Memang capital gain nya ada apabila membeli proyek residensial inden. Indennya harus berhati-hati, karena ada sedikit beberapa masalah, sehingga perlu melihat sepak terjang dari pengembangnya,” Ungkapnya.

Menurut beliau, secara timeline investasi dapat juga dilakukan dengan cara membeli properti yang masih dalam kondisi harga yang rendah dan kemudian menjualnya disaat harga mulai melambung tinggi.

Menurut beliau, saat ini adalah waktu yang sangat tepat untuk membeli properti. Karena dari sejumlah stimulus yang diberikan kepada pemerintah dan kepada Bank Indonesia dapat dimanfaatkan dengan baik.

“Saat ini Pemerintah sedang memberikan sejumlah stimulus, daya beli yang masih ada, vaksinasi pun masih berjalan dengan baik, sektor komoditas pun masih baik juga, sehingga akan menjadi sebuah waktu yang tepat untuk membeli properti,” Ucapnya.

Menurutnya, masyarakat tidak perlu khawatir untuk bisa memulai berinvestasi di sektor properti, karena sudah terbuki sangat cepat untuk memulihkan dari gelombang kedua pandemic Covid-19 ini. “Kami sangat yakin apabila ada gelombang ketiga pandemic Covid-19 maka nantinya sektor properti sudah siap.”

Mungkin itulah artikel tentang Cara Cuan dari Investasi Properti. Semoga artikelnya bisa bermanfaat ya.

Post a Comment for "Cara Cuan dari Investasi Properti"