Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Ide Usaha Sampingan Karyawan Tanpa Modal

Ide Usaha Sampingan Karyawan Tanpa Modal. Sebagai karyawan, kamu juga bisa loh untuk memulai usaha sampingan. Simak yuk beberapa Rekomendasi Ide Usaha Sampingan berikut ini. Usaha sampingan bisa dimiliki oleh siapa saja. Mulai dari anak sekolah, mahasiswa, karyawan, ibu rumah tangga dan siapa pun itu.

Baca juga: Ide Bisnis Rumahan Modal Kecil yang Lagi Trend dan Menjanjikan

Usaha sampingan sendiri mempunyai arti pekerjaan yang dilakukan di sela-sela pekerjaan utama tanpa mengkesampingkan pekerjaan utama tersebut. Jika kamu adalah seorang karyawan, bukan ngga mungkin untuk mempunyai usaha sampingan. Meskipun jadwal kerja kamu sangat padat, kamu masih bisa kok melakukan beberapa pekerjaan sampingan yang menguntungkan.

Ide Usaha Sampingan Karyawan Tanpa Modal

Ide Usaha Sampingan Karyawan Tanpa Modal


Berikut ini wahyubebeng memberikan beberapa ide usaha sampingan untuk karyawan dengan modal kecil atau bahkan tanpa modal yang dapat menjadi inspirasi untuk kamu semuanya. Hasil yang didapatkan dari bisnis sampingan dapat kamu jadikan sebagai modal nikah bagi yang masih jomblo hehe atau untuk memenuhi kebutuhan lain.

1. Menjadi Reseller baju dan aksesoris online

Menjadi reseller baju dan aksesoris online merupakan ide peluang usaha sampingan karyawan yang ngga membutuhkan modal dana karena kamu hanyalah menjual barang-barang milik distributor atau orang lain.

Nah, nantinya kamu tinggal menawarkan barang-barang tersebut melalui sosial media milik kamu atau melalui e-commerce dengan membuka toko online di sana. Dengan begitu kepercayaan calon konsumsen menjadi lebih tinggi karena dana ditransfer terlebih dahulu melalui rekening e-commerce.

Baju dan aksesoris menjadi barang yang paling laris dijual secara online, tapi hal ini tidak menutup kemungkinan jika kamu ingin menjadi reseller barang lain seperti makanan dan minuman kemasan atau peralatan rumah tangga.

Kamu bisa memperbarui barang dagang dan membalas chat dari pembeli sebelum berangkat kantor, saat jam makan siang, dan setelah pulang kantor. Dengan begitu, pekerjaanmu sebagai karyawan tidak terganggu.

2. Program Afiliasi

Program afiliasi mengharuskan kamu untuk mempromosikan produk berupa barang atau jasa dari sebuah brand. Selanjutnya kamu akan mendapatkan komisi dari setiap produk yang dijual.

Ini merupakan usaha sampingan yang sangat praktis dan tidak membutuhkan modal. Kamu juga tidak memiliki risiko stok produk tidak laku dan bisa menjalaninya sesuai dengan waktu yang dimiliki.

3. Menjadi Agen PPOB

Agen PPOB (point payment online bank) menerima berbagai pembayaran seperti listrik pascabayar, internet, PDAM, BPJS, voucher games, bayar cicilan dan masih banyak lagi. Selain itu, agen ini juga biasanya menyediakan pulsa dan paket data.

Tidak memerlukan banyak modal yang besar dan bisa dilakukan di sela waktu kerja, usaha sampingan yang satu ini sangat cocok untuk dijadikan sampingan. Kamu juga hanya memerlukan smartphone untuk menjalaninya. Hanya perlu mendaftar dan deposit sejumlah uang untuk memulai bisnis ini.

4. Usaha Sampingan Menjual Foto Foto Kamu di Internet

Ide usaha pekerjaan sampingan yang satu ini cocok untuk kamu yang menyukai fotografi dan cocok juga sebagai ide usaha untuk mahasiswa dan pelajar dengan hobi fotografi. Foto yang kamu hasilkan dari hobi tidak hanya bisa dipandang keindahannya.

Kamu juga bisa mendapatkan pundi-pundi rupiah dengan cara menjual foto foto tersebut. Sejauh ini terdapat beberapa situs yang bisa kamu manfaatkan untuk menjual foto seperti Shutterstock dan Istockphoto.

Situs tersebut memberikan bayaran dalam mata uang dolar. Penghasilan kamu pun akan jauh lebih besar ketika nilai tukar dolar terhadap rupiah sedang merangkak naik.

Namun kamu tidak bisa menghasilkan uang secara instan dari bisnis ini. Setidaknya, kamu harus menunggu waktu agar situs tersebut melakukan verifikasi terhadap foto yang telah kamu upload. Setelah memenuhi syarat, foto kamu akan ditampilkan dan siap dibeli oleh orang lain.

5. Menjadi Agen Asuransi

Semakin hari semakin banyak orang yang semakin menyadari akan kebutuhan asuransi. Pekerjaan sebagai agen asuransi ini memang tidak harus fulltime. Kamu juga bisa menawarkan asuransi sebagai agen lepas. Komisi akan diberikan untuk setiap paket asuransi yang terjual.

Sebelum memasarkan produk, pastikan kamu mengetahui dengan jelas jenis asuransi yang ditawarkan sehingga pembeli tidak salah memilih asuransi yang sesuai dengan kebutuhannya.

6. Menjadi Makelar atau Agen Properti

Selain menawarkan asuransi, menawarkan properti juga bisa menjadi bisnis yang menjanjikan. Untung yang didapatkan untuk setiap transaksi penjualan properti ini cukup banyak loh, bisa mencapai jutaan hingga puluhan juta rupiah. Mantap kan hehe.

Bisnis satu ini juga sangat mungkin dilakukan di sela waktu bekerja atau di hari libur. Jadi, tidak perlu mengganggu pekerjaan kamu di kantor.

7. Usaha Sampingan Menjadi Youtuber

Siapa tak kenal Atta Halilintar dengan ciri khas nya asiappp yang sukses menjadi seorang Youtuber dengan penghasilan milyaran. Jika kamu juga kreatif untuk membuat konten berupa video menarik, memulai bisnis menjadi Youtuber juga tidak ada salahnya kamu cobain.

Saat masih awal, bisa menggunakan modal kecil yaitu kamera khusus untuk pembuatan konten. Lalu ide-ide kreatif yang dituangkan menjadi konten dengan potensi penonton yang banyak. Kalau mau sukses bisnis sampingan ala milenial ini, kamu harus terus update informasi viral dan belajar untuk membuat konten-konten yang unik dan menarik.

8. Menjadi Guru Les

Orang tua yang pengen anaknya lebih pintar dan bisa mendapat nilai terbaik di sekolah, biasanya akan mencari tempat les mata pelajaran tertentu yang diinginkan. Potensi ini, bisa dimanfaatkan sebagai peluang mendapatkan penghasilan tambahan loh.

Terutama untuk kamu yang memiliki latar belakang pendidikan di bidang ilmu keguruan. Tinggal mempromosikan keahlian kamu dari mulut ke mulut dan juga media sosial. Bila diperlukan cantumkan juga sertifikat yang dimiliki sebagai tambahan informasi terkait kemampuan kamu saat mengajar.

Ketika anak didik les kamu berhasil mendapatkan nilai terbaik dan sukses di sekolah, tentu nama baik kamu sebagai guru les akan meningkat. Para orang tua juga tentu akan mempromosikan kamu kepada orang lain.

Kamu juga bisa mengatur jadwal les para murid, yang disesuaikan dengan jadwal kerja utama kamu yang ada di kantor. Jadi, tidak akan bentrok dan membuat kerja utama terganggu.

Mungkin itulah beberapa Ide Usaha Sampingan Karyawan Tanpa Modal. Semoga artikel ini dapat bermanfaat buat kamu semua ya hehe. Jangan lupa untuk membagikan artikel ini ya ke teman teman kamu.

Post a Comment for "Ide Usaha Sampingan Karyawan Tanpa Modal"