Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Jualan Apa yang Laku di Kampung

Jualan apa yang laku di kampung? Pertanyaan ini mulai banyak dicari tahu orang lantaran kini kontribusi kampung atau desa tak kalah hebat dalam menopang perekonomian nasional. 


Dulu mungkin peluang usaha di desa yang laku dan menguntungkan seringkali diremehkan oleh pelaku bisnis di kota. Apalagi banyaknya warga desa yang merantau ke kota memberi kesan bahwa peluang bisnis di desa tidaklah bagus.

Tapi asumsi yang menjelaskan bahwa perekonomian desa pasti tertinggal jauh dibandingkan perekonomian di kota adalah keliru sepenuhnya. Apalagi pemerintah pusat kini sedang gencar-gencarnya melakukan pembangunan di desa-desa. Sehingga peluang jualan yang laku di kampung pun semakin banyak.

Ada berbagai peluang usaha di desa yang menguntungkan dan bisa kamu tekuni. Seiring perkembangan teknologi dan informasi, internet pun bisa masuk ke wilayah pedesaan. Jadi, bisa semakin mudah menentukan peluang jualan di kampung.

Coba deh perhatikan, gak sedikit lho kisah-kisah sukses peluang usaha yang didirikan di wilayah di kampung atau desa.

Jualan Apa yang Laku di Kampung

Jualan Apa yang Laku di Kampung


So, khusus buat kamu yang bercita-cita membangun usaha sendiri di kampung halaman, ini saatnya menentukan jualan apa yang laku di kampung. Yuk kita cari tahu apa saja usaha jualan yang laku dan bisa memberi banyak keuntungan di kampung.

1. Usaha di kampung jualan sayur


Ada banyak peluang usaha rumahan yang menguntungkan di desa. Selain toko sembako, berjualan sayur juga termasuk jenis jualan yang laku di kampung. Kamu bahkan bisa buka toko sayur sendiri di rumahmu lho. Kamu cukup rutin berbelanja di pasar saat subuh dan jual lagi hasil belanjaanmu dalam kondisi segar kepada para tetangga.

Modal usaha ini bisa saja di bawah Rp1 juta kalau memang sayur yang kamu beli setiap harinya gak banyak. Kamu bisa buka lapak jualan sayur sederhana secara lesehan aja, gak perlu beli rak atau etalase. 

Selain modalnya tidak besar, jualan sayur termasuk jualan yang laku di kampung setiap hari dengan aliran kas yang sangat cepat. Pasalnya ibu-ibu di kampung biasa memasak setiap hari, jadi mereka tentu akan berbelanja bahan makanan setiap hari juga, kan?

Meski kesannya hanya berjualan barang murah, tapi keuntungan yang dihasilkan tak main-main. Kamu bisa cuan banyak terutama kalau akses ke pasar dari perkampungan itu cukup jauh.

Tapi kalau ternyata akses dari kampung ke pasar sangat dekat, coba pikir-pikir deh sebelum memutuskan jualan sayur yang laku di kampung. Karena bisa saja warga setempat justru lebih memilih belanja langsung di pasar.

2. Peluang bisnis jual pulsa


Selanjutnya, jualan apa yang laku di kampung selain sayuran? Walaupun di ibu kota toko-toko ini sudah berkurang seiring waktu, tapi di perkampungan bisnis jual pulsa masih cukup laris kok. Apalagi masih banyak orang di kampung yang belum punya rekening bank atau menggunakan aplikasi mobile banking. 

Bisnis jual pulsa ini juga sangat cocok jadi peluang usaha yang menguntungkan di desa berkembang. Yakni desa yang mulai terbuka dengan peluang ekonomi baru seperti halnya di kota. 

Di desa berkembang, warganya mulai terhubung dengan teknologi komunikasi sehingga akhirnya banyak orang yang butuh membeli pulsa. Nah, cocok banget kan jual pulsa buat kamu yang lagi bertanya-tanya mau jualan apa di kampung.

Gak repot kok buat membangun konter pulsa. Dirikan saja konter pulsa di depan teras rumahmu di desa. Dengan catatan, rumahmu harus sering dilalui orang ya.

Bisnis jual pulsa juga tidak membutuhkan modal yang besar, bahkan nggak lebih dari 1 juta lho! Biar gak bingung, kira-kira segini modal awal buat mendirikan kios atau konter tersebut.

Etalase kaca ukuran kecil: Rp200 ribu
Kartu perdana 1 pack: Rp200 ribu
Deposit Pulsa: Rp 600 ribu
Total: Rp1 juta

Seandainya bisnis ini makin laris seiring dengan berjalannya waktu, kamu juga bisa sediakan pulsa listrik atau jasa reparasi ponsel. Dengan prospek ini, sayang kan kalau bisnis jual pulsa tidak kamu coba sebagai jawaban dari pertanyaan jualan apa yang laku di kampung?

3. Jualan yang laku di kampung, coba buka warung makan


Warung makan baik yang berbentuk warteg atau warung lesehan pasti jadi peluang usaha di desa yang menguntungkan. Itu karena semua orang butuh makan setiap hari, dan gak semua orang sempat buat masak di rumah.

Kalaupun masak, mereka bisa aja beli nasi putih di warungmu. Atau mungkin beli lauk-pauk tertentu yang jadi menu andalan di warungmu. Jadi gak usah bingung kalau kamu lagi penasaran jualan apa yang laku di kampung setiap hari.

Gak mahal buat mendirikan warung makan kecil di desa. Andalkan aja rumahmu sendiri, lalu masaklah menu beragam dengan porsi yang banyak. Dan jangan lupa, sediakan nasi uduk dan nasi biasa biar pilihannya makin banyak dan menarik banyak pelanggan untuk datang.

Biar gak bingung, inilah perkiraan modal awal buat bikin usaha warung makan yang laku di kampung dan menguntungkan.

Peralatan masak: Rp1,5 juta
Peralatan makan: Rp1 juta
Meja dan kursi plastik: Rp1 juta
Bahan baku masak harian: Rp500 ribu
Biaya lain-lain: Rp500 ribu
Total: Rp4,5 juta

Satu lagi, pastinya asyik tuh kalau warung makanmu juga menjajakan jualan yang laku di kampung seperti jajanan-jajanan pasar misalnya gemblong, klepon, donat kentang, dan sebagainya. Bocah-bocah pasti bakal ramai beli jajanan saat pagi-pagi sebelum berangkat ke sekolah.

4. Usaha di desa ternak ayam kampung


Membahas soal jualan apa yang laku di kampung, maka usaha ternak ayam kampung tak boleh dilewatkan. Ternak ayam kampung termasuk usaha yang laku dan menguntungkan karena umumnya di kampung tersedia lahan yang luas dan lingkungan yang kondusif untuk beternak ayam.

Beda dengan ternak kambing atau sapi yang butuh modal besar, peluang usaha ternak ayam kampung di desa modalnya masih sangat terjangkau. Usaha ternak ayam kampung cocok banget jadi usaha di tempat sepi.

Selain bisa menjual daging dan telur ayam kampung, kamu juga bisa memperbesar skala usahamu untuk bermitra dengan restoran atau perusahaan yang butuh ayam kampung sebagai bahan bakunya.

Bisnis ternak ayam ini pastinya jadi jawaban dari kamu yang masih juga bertanya-tanya, jualan apa yang laku di kampung. Berikut rincian modal bisnis ternak ayam kampung.

Kandang ayam: Rp2,5 juta
Peralatan ternak: Rp2 juta
DOC ayam: Rp7 ribu x 100 ekor: Rp700 ribu
Pakan dan minum ayam: Rp3 juta
Obat dan vitamin: Rp2 juta
Total: Rp10.200.000

Oh iya DOC itu maksudnya apa sih? Itu artinya day old chicken alias anak ayam alias pitik.

5. Jasa Pangkas rambut


Jasa pangkas rambut bisa jadi salah satu jualan yang laku, menguntungkan, dan potensial di kampung loh. Apalagi jika belum ada pesaing dengan usaha sejenis yang beroperasi di wilayah dekat rumahmu.

Ingat film si Doel Anak Sekolahan? Tahu adiknya si Doel yang namanya Atun kan? Atun mendirikan bisnis jasa pangkas rambut yang bernama Salon Zaitun. Kebanyakan yang jadi pelanggan Salon Zaitun ya tetangga-tetangga sendiri.

Salon memang butuh modal sedikit lebih mahal, pasalnya kamu gak cuma nyukurin rambut orang melainkan juga memberikan layanan keramas atau treatment rambut lainnya. Pastinya kamu harus belanja obat-obat perawatan rambut plus modal kursi keramas.

Meski begitu, bukan berarti kamu harus mendirikan jasa pangkas rambut seadanya seperti pangkas rambut pinggir jalan Asgar (Asli Garut) atau DPR (Di bawah Pohon Rindang).

Coba buat tempat pangkas rambut indoor dan bersih yang bakal bikin banyak warga desa tertarik potong rambut di sana. Pasti laris deh! Berikut rincian modal awalnya.

Mesin cukur 2 buah: Rp700 ribu
Sisir rambut 2 buah: Rp20 ribu
Gunting potong rambut: Rp100 ribu
Gunting sasak: Rp150 ribu
Pisau cukur: Rp30 ribu
Silet isi ulang 20 kotak: Rp45 ribu
Handuk kecil satu set: Rp180 ribu
Kap penutup badan dua buah: Rp90 ribu
Botol Semprot barbershop: Rp30 ribu
Jepit buaya kecil satu pack (isi 10): Rp10 ribu
Jepit buaya besar satu pack (isi 10): Rp15 ribu
Mangkok sabun / foam dua buah: Rp10 ribu
Sikat bulu: Rp25 ribu
Kursi pangkas dua buah: Rp2 juta
Cermin besar 2 buah: Rp2 juta
Cermin kecil: Rp50 ribu
Total:  Rp5.455.000

6. Peluang usaha toko sembako


Toko sembako alias sembilan bahan pokok masuk daftar jawaban selanjutnya dari pertanyaanmu: jualan apa yang laku di kampung? Sebab toko sembako merupakan tempat belanja andalan bagi para warga desa. Selain itu, toko ini juga bisa dibuka di rumah sendiri.

Gak usah gede-gede tokonya, yang penting jenis sembako yang dijual lengkap. Itu udah cukup buat kamu mengembangkan bisnis yang laku di desa dan menguntungkan.

Meski tokomu bukan toko ritel baju yang mana harus ada display barang dan sebagainya, tapi kebersihan tetap harus dijaga. Kalau tokonya berantakan, yang ada orang malas belanja di sana. Betul gak?

Masih bingung memilih jualan apa yang laku di kampung? Coba buka toko sembako. Simak nih rincian modal awalnya.

Etalase toko: Rp1 juta
Timbangan, kalkulator, kotak uang, dan sebagainya: Rp900 ribu
Pembelian barang-barang sembako secara lengkap perbulan: Rp5 juta
Modal awal: Rp6,9 juta

7. Sewa Alat Pertanian


Sering kali mendapatkan keadaan para petani kebingungan dalam mengolah ladangnya. Keadaan ini bisa kamu manfaatkan sebagai peluang usaha. Usaha sewa alat pertanian merupakan usaha dengan target yang sudah jelas dan sangat cocok dilakukan di kampung. Terlebih ketika panen raya, kebutuhan akan alat pertanian sangat tinggi.

Untuk masalah modalnya mungkin kamu bisa pergi ke toko pertanian untuk bertanya tanya harga alat pertanian berapa. Usaha ini bisa dimanfaatkan jika di desa kamu jauh dari toko pertanian.

8. Bisnis Kosmetik

Jualan Apa Yang Laku Di Kampung….?kosmetik

Kosmetik merupakan kebutuhan wanita dan juga kosmetik menjadi hal yang sulit sekali untuk dipisahkan bagi para wanita, dan kamu dapat menjadikan kosmetik ini sebagai peluang usaha yang baik.

Tidak perlu modal yang sangat besar, kamu bisa menawarkan kosmetik ini dalam bentuk sampelnya saja, sehingga kamu hanya perlu mengeluarkan modal yang kecil saja dalam menjalankan usaha kosmetik ini.

Jika ingin lebih mudah lagi dan hanya menggunakan modal yang sangat minim, menjual kosmetik secara online bisa dijadikan pilihan yang tepat.

Cukup dengan iklan saja kosmetik yang dijual pada beberapa situs baik itu sosmed seperti fb, wa, ig, twitter, line, dll.

Atau beberapa situs belanja online dan website pribadi, sehingga kamu bisa menerima order dengan lebih mudah dan simpel lagi.

9. Bisnis Aksesoris

Jualan Apa Yang Laku Di Kampung…?Berjualan Aksesoris Cantik untuk Wanita salah satu pilihannya.

Bagi sebagian orang, tidak ada kata bosan untuk membeli dan menggunakan aksesoris karna sebagian dari fashion nya, terutama bagi kaumwanita.

Aksesoris selalu menjadi sesuatu yang menarik dan mudah untuk dijualnya, sebab ada banyak sekali orang yang begitu menyukai dan menggunakan produk ini.

Mulai yang unik hingga yang mahal, aksesoris tetap memiliki peminatnya masing-masing dan bahkan peminat yang fanatik sekalipun.

Bukan sekedar untuk dipakai saja tetapi, sebagian orang bahkan membeli aksesoris ini hanya untuk dijadikan sebagai pajangan atau bahan koleksi semata saja di rumahnya.

Kamu tidak akan kesulitan menjual produk ini, karna ada banyak jenis dan juga bentuk yang bisa dipilih untuk di pasarkan, sehingga kamu juga bisa memiliki konsumen yang cukup beragam tentunya.

Mungkin itulah beberapa ide Jualan Apa yang Laku di Kampung. Semoga artikel ini bisa bermanfaat buat kamu yang lagi nyari ide jualan di kampung yah.

2 comments for "Jualan Apa yang Laku di Kampung"

  1. Alhamdulillah, sangat bermanfaat bagi saya yang sedang bingung mencari sambilan, semoga bisa melaksankan bisnis ini, kemarin mencoba jualan boba es ternyata orang rumah sibuk di sekolah jadi terganggu lagi :D


    Salam Sukses Selalu
    Blog Warisan Mbah Google

    ReplyDelete
  2. Salam sukses selalu, terimakasih atas kunjungannya

    ReplyDelete