Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Usaha Perindustrian Umumnya Dilakukan oleh Masyarakat di Daerah

Usaha Perindustrian Umumnya Dilakukan oleh Masyarakat di Daerah. Usaha perindustrian umumnya dilakukan oleh masyarakat di daerah Perkotaan. Hal ini karena di perkotaan sangat strategis untuk akses jalan, pendistribusian, dan pasar. 


Umumnya di kota pasti banyak terdapat pabrik pembuatan bahan industri. Sedangkan di pedesaan umumnya terdapat sumber bahan pangan dan bahan baku untuk industri. 

Hemm, jadi makin penasaran kan apa itu Industri? Industri merupakan aktivitas pengolahan bahan baku / bahan setengah jadi menjadi bahan jadi yang siap dipasarkan. Kegiatan ini tentu akan menambah nilai jual dan memberikan keuntungan untuk produsen.

Produsen tentu akan memilih tempat yang strategis guna memudahkan sirkulasi / akses in dan out barang dari perusahaan. Selain itu, jalanan kota yang cenderung mulus ketimbang di desa juga akan mempermudah pendistribusian barang. Sehingga tidak akan memakan waktu yang sangat banyak.

Industri merupakan bentuk perekonomian yang utamanya melibatkan kegiatan produksi. Kegiatan ekonomi industri dapat berlangsung secara mekanis (bantuan mesin), kimiawi, maupun tradisional menggunakan tangan. 

Kegiatan produksi dalam bidang industri ini, bertujuan untuk mengubah suatu barang menjadi barang setengah jadi atau jadi, barang yang kurang nilainya menjadi barang yang lebih tinggi nilainya, dan barang yang sifatnya lebih dekat dengan pemakai akhirnya.

Untuk seseorang yang ingin memiliki usaha perindustrian, syaratnya tidak hanya melakukan kegiatan ekonomi yang bertujuan untuk menghasilkan barang maupun jasa. 

Namun, pelaku usaha harus memiliki bangunan atau lokasi tertentu, catatan administrasi mengenai produksi dan struktur biaya, serta pihak yang bertanggung jawab atas usaha tersebut.

Usaha Perindustrian Umumnya Dilakukan oleh Masyarakat di Daerah

Usaha Perindustrian Umumnya Dilakukan oleh Masyarakat di Daerah



Lantas, daerah mana yang cocok untuk melakukan usaha perindustrian? Apa saja contoh-contoh bidang usaha perindustrian? Selengkapnya dalam artikel dibawah ini.

Letak Daerah Usaha Perindustrian


Usaha perindustrian umumnya dilakukan oleh masyarakat di daerah perkotaan. Mengapa wilayah perkotaan dipilih sebagai tempat berdirinya usaha perindustrian?

Mengutip dalam buku Super 100 Aku Juara Kelas karya Tumijan S.Pd dkk (2019: 217), di wilayah perkotaan terdapat berbagai jenis alat transportasi yang menunjang usaha perindustrian. 

Alat transportasi ini digunakan untuk memudahkan pembelian alat dan bahan-bahan produksi, serta pendistribusian antara satu industri dengan industri lainnya. 

Selain itu, di wilayah perkotaan dianggap strategis, karena berada dekat dengan pelabuhan dan jalan tol. Hal ini dapat memudahkan akses transportasi menuju kawasan industri, keluar masuk pendistribusian produk-produk, dan menarik investor untuk berinvestasi pada usaha ini.

Contoh Bidang Usaha Perindustrian


Kegiatan usaha dapat dilakukan di berbagai bidang, salah satunya adalah bidang industri. Merangkum dalam buku Get Success UN Geografi karya Mamat Ruhimat dan Mustar (2008:39), industri adalah kegiatan manusia dalam bidang ekonomi yang bersifat produktif dan komersial untuk memenuhi kebutuhan hidup.

Ada banyak contoh bidang usaha perindustrian di wilayah perkotaan, beberapa di antaranya adalah sebagai berikut. 

Industri Farmasi: industri yang memiliki izin untuk melakukan pembuatan obat dalam skala besar.

Industri Otomotif: industri yang merancang, memproduksi, dan menjual kendaraan bermotor.

Industri Tekstil: industri yang mengolah serat menjadi benang untuk membuat busana dan produk lainnya.

Industri Pangan: industri yang menghasilkan makanan dan minuman.

Industri Sepatu: industri yang memproduksi sepatu.

Industri Komputer: industri yang mencakup bisnis perangkat keras komputer, mengembangkan dan memelihara perangkat lunak komputer, serta jaringan komputer.

Industri Telekomunikasi: industri yang terdiri dari perusahaan yang memungkinkan adanya komunikasi di seluruh dunia melalui telepon seluler dan internet (kabel maupun tanpa kabel).

Industri Konstruksi: industri yang dapat dibagi menjadi tiga sektor, yaitu gedung, infrastruktur, dan industri teknik sipil.

Industri Elektronik: industri yang terlibat dalam produksi, pemasaran, dan penjualan perangkat listrik dan elektronik, terutama elektronik yang dibutuhkan konsumen rumah tangga.

Tujuan Pembangunan Industri


1.    Menambah kesejahteraan rakyat secara adil dan sama rata dengan menggunakan dana, sumber daya alam, atau hasil budidaya, dan memerhatikan kesetimbangan dan kelestarian lingkungan hidup.

2.    Menambah perkembangan ekonomi negara secara perlahan, mengganti susunan ekonomi jadi lebih baik, dan memberi nilai lebih untuk perkembangan industri.

3.    Tingkatkan potensi dan menggerakkan bertumbuhnya technologi yang pas untuk tumbuhkan keyakinan pada kekuatan usaha nasional.

4.    Tingkatkan keterlibatan warga dan potensi kelompok ekonomi yang masih lemah supaya berperanan lebih aktif dalam pembangunan industri.

5.    Memperlebar peluang kerja dan usaha, dan tingkatkan peran koperasi dalam industri.

6.    Tingkatkan akseptasi devisa melalui kenaikan export hasil produksi yang berkualitas, dan pengkhususan pemakaian hasil produksi dalam negeri untuk kurangi keterikatan pada beberapa barang import.

7.    Meningkatkan pusat perkembangan industri yang mendukung pembangunan wilayah dalam perwujudan Wacana Nusantara.

8.    Perkuat kestabilan nasional yang aktif dalam rencana memperkokoh ketahanan nasional.

Mungkin itulah artikel tentang Usaha Perindustrian Umumnya Dilakukan oleh Masyarakat di Daerah. Semoga artikel ini bisa bermanfaat buat kita semua yah.

Sumber: kumparan

Post a Comment for "Usaha Perindustrian Umumnya Dilakukan oleh Masyarakat di Daerah"