Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

8 Usaha Sampingan di Desa yang Menjanjikan dan Menguntungkan

Usaha Sampingan di Desa yang Menjanjikan dan Menguntungkan. Kamu sering mendengar perkataan bahwa pergilah ke kota untuk berbisnis. Padahal, ada banyak sekali daftar peluang usaha di kampung yang bisa kamu kembangkan. Dengan begitu, kamu tidak perlu meninggalkan kampung halaman kamu sendiri. Selain itu, kamu juga ikut menjadi faktor pendorong bergeraknya ekonomi di perkampungan di desa kamu.

Baca juga: Ide Usaha Sampingan Karyawan Tanpa Modal

Alasan Mengapa Bisnis di Kampung atau Desa Sangat Potensial

Ada alasan mengapa kamu disarankan untuk membuka usaha di kampung. Hal ini karena membuka bisnis di kampung sangatlah potensial, yang mana antara lain adalah sebagai berikut:

  1. Usaha di kampung atau desa relatif masih sedikit sehingga saingan atau kompetitor kamu otomatis juga sedikit
  2. Banyak peluang usaha di kampung karena kebanyakan orang masih kesusahan dalam mencukupi kebutuhannya sehingga harus mencari barang atau jasa tersebut di kota
  3. Masyarakat desa atau kampung adalah orang yang fleksibel dalam menerima sesuatu yang baru
  4. Daerah kampung juga lambat laun merasa butuh adanya perubahan ke arah modern atau kota sehingga membutuhkan berbagai perubahan dan inovasi.

Usaha Sampingan di Desa yang Menjanjikan dan Menguntungkan

Usaha Sampingan di Desa yang Menjanjikan dan Menguntungkan


Memang sejatinya membuka usaha di desa pun sangat potensial. Kamu tidak perlu khawatir akan tidak berkembangnya usaha kamu karena sebenarnya potensi usaha di desa dapat maju tidak kalah besarnya dengan potensi yang dimiliki jika kamu membuka usaha di kota.

1. Berternak Ikan Lele

Jika kamu ingin berternak ikan lele maka kamu perlu membutuhkan kolam untuk menampungnya. Namun, jika belum memiliki kolam, maka kamu juga bisa menyewa terlebih dahulu sebagai langkah uji coba atau pembelajaran.

Modal yang perlu dikeluarkan tidak terlalu besar karena harga satu ekor bibit ikan lele berkisar antara Rp. 100 – Rp. 300, tergantung dengan ukuran bibit ikan. Saat panen, kamu juga bisa menjualnya di pasar atau menjualnya sendiri di rumah. Atau jika kamu memiliki pelanggan maka itu akan sangat membantu kamu untuk menjual ikan lele yang kamu ternak.

2. Distributor hasil pertanian

Seperti yang kita tahu selama ini, salah satu pendapatan masyarakat desa di Indonesia yaitu dari bercocok tanam. Namun, kalau ngga didistribusikan dengan baik dan benar, perekonomian akan mengalami jalan buntu.

Menjadi seorang distributor hasil pertanian dari desa ke kota adalah peluang usaha sampingan di desa yang menjanjikan dan menguntungkan yang bisa kamu coba. Modal utama yang harus kamu miliki adalah networking luas agar komoditas bisa dikirim ke lebih banyak wilayah.

3. Usaha Sampingan di Desa Ternak Ayam

Lingkungan pedesaan yang masih lapang cocok untuk usaha sampingan ternak ayam. Modal yang dibutuhkan untuk beternak ayam tidaklah besar, tergantung kebutuhan dan kapasitas kamu.

Pastinya, ternak ayam sangat cocok dijadikan usaha sampingan di desa yang menjanjikan dan menguntungkan karena kamu masih bisa mengurus pekerjaan lain di samping mengurus ayam.

4. Jasa Servis Motor 

Jasa servis motor yaitu jenis jasa yang tak lekang oleh waktu dan kebutuhan akan pekerjanya juga terus meningkat, tak terkecuali di desa. Jika kamu mempunyai skill ini dan memiliki tempat strategis seperti di jalan poros desa, membuka jasa servis motor dapat menjadi usaha sampingan di daerah pedesaan kamu yang cukup menguntungkan dan menjanjikan loh.

Jika kamu belum mempunyai skill yang mumpuni, terdapat banyak tempat pelatihan untuk meningkatkan skill kamu, baik itu dari pihak pemerintah ataupun swasta. Selain itu, untuk urusan suku cadang, sudah terdapat banyak distributor yang menyediakan berbagai suku cadang motor dan beberapa diantaranya sudah dapat diakses melalui marketplace ataupun situs tersendiri mereka.

Oleh karena itu, pantas saja jika jasa servis motor dapat menjadi bisnis usaha sampingan di kampung atau di desa yang menjanjikan melihat peluangnya yang begitu besar.

5. Usaha Sampingan di Desa Jual Ayam Potong

Baru baru ini, bisnis jual ayam potong sangat diminati di pedesaan. Jika di desa kamu belum banyak penjual ayam potong, maka kamu bisa mencoba peluang bisnis ini untuk sampingan. Bahkan jika sudah lancar, bisnis ini dapat menjadi usaha utama kamu loh karena keuntungannya sangat menjanjikan dan menguntungkan.

6. Kerajinan Tangan Asli Desa

Banyak di desa yang memiliki hasil kerajinan tangan yang khas dan jika dikelola dengan baik tentunya dapat menjadi peluang usaha sampingan di desa yang menguntungkan. Berbagai bentuk kerajinan tersebut dapat berupa keranjang, gelang, ukiran kayu, kerajinan kain, topi dan berbagai produk lainnya.

Walaupun sebagai bisnis di perkampungan, namun berbagai kerajinan tangan ini mempunyai pasar yang luas sampai ke mancanegara. Tinggal bagaimana kamu memanfaatkan perkembangan teknologi untuk dapat memasarkan berbagai kerajinan tersebut.

7. Menjual produk makanan olahan

Setiap wilayah desa di Tanah Air pasti memiliki makanan olahan yang khas untuk kamu pasarkan kembali di luar daerah. Misalnya, camilan opak di Jawa Barat.

Harga bahan pokoknya yang relatif murah di desa bisa menjadi peluang usaha sampingan di desa buat kamu mendapatkan cuan besar jika dipasarkan dengan tepat.

8. Usaha Sampingan Warung Kelontong atau Sembako

Mau penghasilan setiap hari?

Usaha sampingan kelontong atau warung sembako bisa menjadi jawabannya. Mengapa? Sebab usaha dibidang ini sudah menjadi usaha rumahan yang paling umum di desa. Setiap orang pasti butuh bahan pokok untuk kebutuhan mereka.

Walaupun keuntungan tidak terlalu besar, tapi jika dijalankan dengan manajemen, kamu bisa menghidupi keluarga dengan baik. Tidak perlu khawatir tentang biaya hidup sehari hari karena sudah terpenuhi dari keuntungan warung kamu.

Mungkin itulah beberapa Usaha Sampingan di Desa yang Menjanjikan dan Menguntungkan. Semoga artikel ini bisa bermanfaat buat kamu semuannya yah. Jangan lupa juga untuk membagikan artikel ini ke teman teman kamu yah.

Post a Comment for "8 Usaha Sampingan di Desa yang Menjanjikan dan Menguntungkan"