Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

12 Usaha Ternak yang Menjanjikan dengan Modal Kecil

Usaha ternak yang menjanjikan dengan modal kecil? Memangnya ada? 

Banyak orang yang mengira bahwa sebuah usaha yang sukses harus dimulai dengan modal luar biasa besar. Padahal kenyataannya tak selalu demikian. Dengan modal yang kecil pun, sebuah usaha bisa merambah ke mana-mana.


Contohnya saja Elang Gumilang. Meski saat ini namanya diberitakan di mana-mana sebagai pengusaha sukses, dulunya ia hidup dengan berjualan donat saja. Semangat dan kepandaiannya lah yang membuatnya bisa berada di posisinya saat ini.

Begitu juga bila kamu ingin mengembangkan usaha ternak. Bagi banyak orang, beternak adalah kegiatan yang tak menguntungkan.

Padahal dengan strategi yang tepat, sebuah peternakan bebek kecil-kecilan pun bisa berkembang menjadi perusahaan peternakan dengan puluhan bahkan ratusan karyawan.

Karena itulah, jangan cepat berkecil hati. Yuk, mulai saat ini juga membangun usaha ternak. Berikut ini  usaha ternak yang menjanjikan dan bisa dimulai dengan modal 1-2 juta rupiah.

Usaha Ternak yang Menjanjikan dengan Modal Kecil

Usaha Ternak yang Menjanjikan dengan Modal Kecil


1. Usaha Ternak yang Menjanjikan Ayam


Usaha ternak ayam adalah usaha yang bukan hanya murah namun juga mudah dilakukan. Cukup dengan 1 juta rupiah saja, kamu sudah bisa memulai usaha ini. Dana tersebut pun sudah cukup untuk membeli ayam dalam jumlah yang cukup, kandang, dan pakan.

Meski demikian, usaha ini pun bukan tak lepas dari tantangan. Karena sering dianggap terlalu mudah, banyak peternak ayam yang bekerja secara tidak profesional.

Mereka memberikan pakan ayam dari sisa makanannya sendiri. Dan membiarkan saja induk yang buruk mengerami telurnya dengan tidak sukses.

Bila kamu ingin menyeriusi usaha ternak ayam, seyogyanya kamu pun harus profesional. Jangan malah menerapkan strategi beternak ala orang-orang yang sekadar memelihara ayam di belakang rumahnya. Orang-orang tersebut tak pernah mendapatkan keuntungan sebab cara beternaknya memang salah.

2.  Bebek dan Entog


Selain ayam, unggas lain yang juga menjanjikan untuk diternakkan dengan modal kecil adalah bebek dan entog. Sama seperti ayam, baik itik ataupun entog bisa dimanfaatkan telur ataupun dagingnya. 

Permintaan pada usaha ini biasanya datang dari pemilik restaurant, supermarket besar, dan pengusaha telur asin. Selain itu, kamu juga bisa bekerja sama dengan para pedagang pasar supaya panen kamu cepat laku.

3. Lele


Usaha ternak lele juga merupakan salah satu usaha ternak yang menjanjikan dengan modal kecil. Coba bandingkan saja harga bibit lele dibanding bibit ikan lainnya. Selain itu, organisme akuatik ini pun dikenal tahan banting.

Lele adalah spesies ikan yang tak perlu perawatan ekstra. Mereka justru menyukai kondisi kolam yang tak begitu bersih. Pembuatan kolamnya juga tak mensyaratkan material tertentu yang harganya mahal. 

Kamu bahkan bisa menggunakan terpal yang dijadikan alas untuk area yang sudah digali. Dan voila, kamu pun sudah siap ternak lele.

4. Belut 


Selain lele, ikan lain yang murah dan mudah dirawat adalah belut. Kamu bisa memelihara belut di kolam sendiri atau di sawah yang kamu miliki. Panen bisa ditawarkan ke pengusaha belut goreng dan pasar-pasar.

Pangsa pasar untuk ikan ini pun cukup menjanjikan meski tak sebesar lele. Beberapa daerah juga menjadikan belut sebagai makanan oleh-olehnya.

Jadi, kamu bisa memanfaatkan permintaan dari mereka supaya usaha kamu mendapatkan keuntungan yang signifikan.

5. Usaha Ternak Yang Menjanjikan Merpati


Apakah kamu pecinta burung dan ingin berwirausaha dengan membudidayakan burung? Bila iya, coba pertimbangkan untuk beternak merpati. 

Pertama, harga merpati tidak mahal. Kedua, kandang dan pakannya pun cukup terjangkau. Dan ketiga, merpati cukup mudah untuk dipelihara.

Demand atau permintaan atas burung merpati juga cukup tinggi. Kamu bisa menjualnya ke para penghobi balapan merpati atau remaja lelaki yang menyenangi burung ini. 

Bagaimana dengan konsumsi? Meski tak banyak, ada warung-warung yang menyediakan menu masakan merpati. Jadi, kamu bisa mencoba pasar tersebut.

6. Lovebird


Lovebird (burung cinta) adalah burung yang sangat indah namun harganya cukup terjangkau. Burung ini juga memiliki banyak penggemar sehingga pasarnya cukup menjanjikan.

Secara umum, perawatan lovebird juga tidak sulit. Ukuran burung yang kecil membuat prospek usaha ternak ini semakin menguntungkan. Sebab kamu tak perlu menyediakan kandang sendiri-sendiri yang akan makan tempat. 

Karena alasan-alasan itulah, ternak lovebird kami masukkan sebagai salah satu usaha ternak yang menjanjikan dengan modal terbatas.

7. Kelinci


Apakah kamu tinggal di daerah pegunungan? Apakah lahan di sekitar tempat tinggal kamu masih cukup luas? Bila iya, kenapa kamu tidak mencoba beternak kelinci saja?

Kelinci bisa dijual sebagai hewan peliharaan ataupun sebagai daging konsumsi. Selain itu, peternakan kelinci juga bisa dibuka untuk dikunjungi turis. Misalnya saja bila kamu tinggal di Bandung. 

Kamu bisa membuka paket tour wisata ke peternakan kelinci kamu. Selain bisa membuat nama usaha kamu makin populer, pengunjung yang masih kanak-kanak dan remaja akan tertarik membeli kelinci-kelinci kamu.

8. Cacing


Siapa sangka bahwa cacing pun bisa diternakkan? Nyatanya kebutuhan akan cacing memang meningkat. Apalagi di daerah urban.

Cacing dicari untuk pakan burung hingga ikan. Para pemancing umumnya juga membutuhkan hewan ini sebagai umpan mereka. Bahkan beberapa tukang obat pun mencari cacing sebagai bahan penyembuh maag.

Modal usaha cacing sendiri jelas tidak besar. Anakannya bahkan bisa kamu dapatkan secara gratis bila kamu tinggal di pedesaan. Kamu tinggal mencari jenis cacing yang banyak dicari. Setelah itu, kamu tinggal meletakkannya di tempat yang berlumpur sambil memberikan pakan secara rutin.

9. Ikan Hias


Populernya ikan cupang beberapa waktu terakhir membuat banyak orang tertarik untuk membudidayakan ikan tersebut. Dan ya, secara umum, meski ada yang harganya teramat mahal, namun banyak juga ikan cupang yang cukup terjangkau. 

Selain cupang, kamu juga bisa membudidayakan ikan manfish, molly, lemon, hingga discuss. Per satu ikan tersebut bisa kamu peroleh mulai dari Rp. 2.000,- hingga Rp. 5.000,- saja. Perawatannya juga cukup standar meski kamu harus telaten. 

Atas alasan-alasan itulah ternak ikan hias tergolong sebagai salah satu usaha ternak yang menjanjikan dengan modal kecil.

10. Kroto


Kroto merupakan salah satu hasil ternak yang peminatnya tak pernah sepi. Sebab serangga ini banyak dicari para penghobi burung. Selama ini, mereka mendapatkan kroto dari orang-orang yang secara khusus mencari kroto dari satu pohon ke pohon lainnya.

Coba bayangkan, bila kamu tak menerapkan metode itu, namun membudidayakan serangga ini. Kamu bisa menjualnya dalam jumlah besar untuk supply ke berbagai toko pakan ternak. Keuntungan yang bisa kamu nikmati pun jauh dari kata sedikit. 

11. Jangkrik


Dulu, jangkrik mungkin hanya dikenal sebagai serangga yang suka menimbulkan bunyi-bunyian menjelang malam. Namun saat ini, jangkrik bisa dijadikan komoditas yang menguntungkan.

Pasalnya, jangkrik sebagaimana kroto bisa dijadikan pakan burung. Serangga ini pun bisa dijadikan umpan para pemancing.

Jangkrik juga merupakan sumber protein yang sangat kaya. Tak mengherankan, di beberapa daerah jangkrik dijadikan makanan penduduk lokal. 

Bila kamu tinggal di daerah-daerah tersebut, supply jangkrik yang teratur tentu diperlukan untuk mendukung penjualan mereka. Jadi, jangan ragu bila kamu memang berminat membudidayakan jangkrik.

12. Burung parkit


Parkit adalah salah satu jenis burung berkicau yang digemari di Indonesia. Selain karena kicauannya yang keren, burung ini juga memiliki bulu yang indah dengan warna yang cantik.

Yang menarik, usaha unggas satu ini berpotensi menghasilkan banyak uang dari modal yang kecil. Bayangkan saja, harga sepasang parkit yang tadinya hanya 200 ribuan bisa kamu jual di angka jutaan rupiah setelah dibudidayakan.

Mungkin itulah beberapa Usaha Ternak yang Menjanjikan dengan Modal Kecil. Semoga artikel ini dapat bermanfaat buat kita semua yah.

Post a Comment for "12 Usaha Ternak yang Menjanjikan dengan Modal Kecil"