Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Usaha yang Bergerak di Bidang Makanan Disebut?

Usaha yang Bergerak di Bidang Makanan Disebut?. Usaha yang bergerak di bidang makanan disebut kuliner, yaitu usaha yang tidak pernah kehabisan ide untuk membuat terobosan baru dalam menjual berbagai jenis makanan dan minuman.

Harus baca: Cara Ampuh Menangkap Peluang Usaha

Dunia usaha memang kaya akan pilihan, mulai dari makanan, konveksi, kecantikan, olahraga, dan kesehatan, dapat dijadikan sebagai usaha atau ladang pencaharian bagi sebagian orang.

Sebelum memulai membuka usaha, ada baiknya mengenal gambaran jenis-jenis usaha yang ada. Dengan mengetahui gambaran tersebut, wawasan tentang dunia usaha dapat bertambah. 

Semakin kaya wawasan akan dunia usaha, ide-ide usaha yang akan dipilih juga akan bertambah. Pembahasan kali ini akan mengulas secara lengkap tentang usaha yang bergerak di bidang makanan. 
Lantas, apa saja contoh usaha yang bergerak di bidang makanan? Simak ulasan lengkapnya berikut ini.

Mengenal Usaha Kuliner

Usaha yang Bergerak di Bidang Makanan Disebut



Usaha kuliner adalah usaha yang bergerak di bidang makanan dan minuman. Usaha yang menyediakan makanan dan minuman dalam bentuk apa pun, tetap masuk dalam jenis usaha kuliner. 

Menurut buku 15 Hari Bisa Jadi Pengusaha karangan Wulan Ayodya (2011: 09), usaha kuliner juga masih terbagi dalam beberapa bagian berdasarkan produk kuliner yang dihasilkannya. Berikut masing-masing penjelasannya.

Pembagian Usaha Kuliner Berdasarkan Produknya


1. Usaha Tempat Makan


Usaha ini menyediakan produk makanan, sekaligus menyediakan tempat untuk mengonsumsi makanannya. Usaha tempat makan ini lebih dikenal dengan sebutan rumah makan.
Usaha tempat makan ini juga mengenal tingkatan. 

Untuk skala usaha menengah dan besar, usahanya berbentuk sebuah restoran yang megah atau cafe yang berada di pusat perbelanjaan terkemuka.

Sementara untuk skala kecil, tentunya mengikuti modal usahanya, seperti usaha rumah makan kelas menengah. Meskipun tak semewah restoran kelas atas, rumah makan kelas menengah juga menyediakan tempat makan yang memiliki fasilitas cukup memadai.

2. Usaha Roti dan Kue Basah


Usaha ini bergerak pada produksi dan penjualan aneka roti dan kue basah. Belakangan ini, roti sudah menjadi salah satu makanan kebutuhan, terutama untuk sarapan. Usaha di bidang roti dan kue ini dibagi menjadi beberapa jenis berdasarkan cara penjualannya.

Dengan cara penjualan yang berbeda, jumlah modal yang akan dikeluarkan tentu juga akan berbeda. Membuka usaha roti dan kue tidak selalu harus membuka toko yang sudah tentu membutuhkan modal banyak.

Usaha di bidang roti dan kue dapat dilakukan dengan membuka sebuah toko roti dan kue. Selain itu, ada pula cara penjualan yang lain, seperti usaha roti kue keliling, usaha titip jual, menjadi pemasok roti dan kue, dan menerima pesanan.

3. Usaha Aneka Katering


Usaha katering bergerak di bidang penyediaan boga dalam jumlah tertentu untuk memenuhi kebutuhan akan makanan. Kebutuhan akan makanan biasanya untuk acara pernikahan, pesta ulang tahun, atau acara lainnya yang mengundang banyak tamu.

Selain penyedia makanan untuk acara, usaha katering juga menyediakan makanan untuk kebutuhan lain seperti konsumsi karyawan, sekolah, atau kelompok tertentu yang membutuhkannya.

Belakangan ini, usaha katering semakin berkembang mengikuti perkembangan zaman, terlihat dari munculnya beberapa usaha katering dengan spesialisasi yang berbeda dari katering pada umumnya.

Contoh spesialisasi katering yang cukup unik adalah katering khusus diabetes yang menyajikan menu rendah gula, katering organik dengan bahan baku organiknya, dan katering anak-anak dengan menu serta dekorasi yang menarik.

Mungkin itulah artikel tentang Usaha yang Bergerak di Bidang Makanan Disebut. Semoga artikel ini bisa bermanfaat buat kita semua yah. Jangan lupa di share yah artikelnya hehe.

Sumber: kumparan

Post a Comment for "Usaha yang Bergerak di Bidang Makanan Disebut?"